Cara Meretur Orderan Karena Tidak Sesuai

 

Buat kamu yang sudah berbelanja di BelanjaQu, sudah melakukan transaksi order dan ternyata barang yang diterima dalam keadaan rusak atau tidak sesuai dengan pesanan yang seharusnya.

Tenang guys, kamu bisa mengajukan retur barang ke Toko. Tapi fitur retur ini hanya bisa dilakukan untuk Toko yang menerima retur. Jadi sebelum mengajukan retur silakan lihat dulu di deskripsi Toko apakah Toko tersebut menerima retur atau tidak.

Kamu bisa mengajukan dengan penggantian barang baru atau pengembalian dana pembelian. Berikut langkahnya :

1. Buka belanjaqu.co.id masuk ke menu login/daftar. Login dengan akun user BelanjaQu milikmu.

2. Selanjutnya masuk ke menu lalu klik opsi “Riwayat Belanja

3. Maka akan muncul total transaksi yang telah kamu lakukan. Kamu bisa mengecek status orderan kamu. Jika ada status “Menunggu Konfirmasi Penerimaan” artinya kamu belum melakukan konfirmasi penerimaan barang. Klik “lihat detail order” pada transaksi tersebut.

4. Scroll ke bawah, kamu akan menemukan tombol “Barang telah diterima” dan “Barang Tidak Sesuai ”

5. Klik pada tombol “Barang Tidak Sesuai ” untuk mengajukan retur barang.

6. Kamu akan ditampilkan halaman yang mengharuskan mengisi detail complain retur:

– Pilih pada kolom “Subjek” :

a) Barang Tidak Sesuai

b) Barang Rusak/Cacat/Pecah

c) Jumlah Pesanan Kurang

d) Lainnya

– Isi di Kolom Keterangan/Alasan dengan deskripsi alasan kenapa barang ingin diretur.

– Centang pada “Saya menyetujui syarat dan ketentuan Retur/Pengembalian Barang.

– Klik Upload Bukti, pilih foto barang yang ingin diretur yang disimpan di Galeri Hp/PC, drive kamu.

– Jika semua kolom telah terisi, Klik kolom “PROSES”

7. Setelah itu akan ditampilkan pop-up “Komplain telah dikirim” yang artinya kamu telah berhasil mengirimkan complain untuk retur barang.

8. Silakan lihat di fitur pesan untuk mengecek balasan dari Toko.

Melalui fitur pesan ini pembeli dan toko bisa melakukan komunikasi untuk kesepakatan tentang barang yang di retur. Pilihannya :

– Apakah barang dikembalikan kepada toko, dan toko akan menggantinya dengan barang baru.

– Apakah dana pembayaran akan dikembalikan kepada pembeli.

9.  Jika sudah ada kesepakatan silakan toko dan pembeli melakukan konfirmasi ke Pusat Bantuan BelanjaQu.

10. Namun jika belum ada kesepakatan, BelanjaQu akan membantu dengan menghubungi kedua belah pihak.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Scroll Up