Pertanyaan Seputar Pengiriman Produk

 

Lacak Pesanan Pembeli

 

Q : Bagaimana cara melacak status pengiriman pesanan saya?

A : Detail status pengiriman dapat Pembeli pantau melalui aplikasi atau website BelanjaQu hanya jika toko menggunakan jasa pengiriman yang didukung BelanjaQu yaitu, JNE, TIKI, POS Indonesia, dan Wahana.

Apabila Toko telah menginput nomor resi pengirimannya ke aplikasi BelanjaQu, cara melacaknya dengan memilih status detail pada pesanan Pembeli. Atau Pembeli juga dapat melacak pesanan status pengiriman melalui situs resmi jasa pengiriman yang bersangkutan.

Perlu diketahui bahwa status pengiriman pada website dan aplikasi BelanjaQu diberikan langsung oleh penyedia layanan jasa kirim melalui sistem dan kami tidak dapat memastikan ketidakakuratan status tersebut. Namun, jika terjadi masalah, kami dapat membantu Pembeli untuk menghubungi jasa pengiriman yang bersangkutan.

Q : Apa saja pilihan jasa ekspedisi yang tersedia di BelanjaQu?

A : Jasa ekspedisi yang tersedia di BelanjaQu, yaitu JNE, TIKI, POS Indonesia, dan Wahana.

Q : Bagaimana rata-rata waktu pengemasan dihitung?

A : Rata-rata waktu pengemasan adalah waktu yang dibutuhkan oleh Toko untuk mempersiapkan pesanan. Terhitung sejak notifikasi order masuk ke Toko sampai dengan kurir jasa pengiriman berhasil mengirimkan pesanan dari Toko. Dan menginput nomor resi yang sah.

Pesanan pre-order (masa pengemasan 7 hari atau lebih).

Q : Berapa lama estimasi waktu pengiriman barang pesanan sampai di pembeli?

A : Lama waktu pengiriman akan tergantung pada lokasi alamat toko dan pembeli, jasa pengiriman, dan tipe layanan yang digunakan.

Pembeli bisa melakukan pengecekan untuk estimasi lama waktu pengiriman melalui website jasa pengiriman yang bersangkutan.

1.      JNE                     : jne.co.id

2.      POS Indonesia: posindonesia.co.id

3.      TIKI                     : tiki.id

4.      Wahana            : wahana.com

Q : Kenapa produk saya belum juga sampai?

A : Kecepatan proses sampainya pesanan itu tergantung kepada toko dan seberapa cepat layanan ekspedisi yang digunakan.

Untuk melihat sampai mana proses pengiriman barang bisa dilihat di riwayat belanja akun kamu klik detail order.

Jika pesanan belum juga sampai, Pembeli dapat menghubungi toko melalui fitur Pesan.

Q : Mengapa nomor resi pengiriman pesanan saya tidak bisa terlacak?

A : Hal tersebut terjadi karena pihak toko tidak menginput nomor resi yang sesuai dengan jasa pengiriman yang dipilih oleh pembeli, atau nomor resi tidak sah, sehingga lacak pengiriman tidak tersedia.

Silakan hubungi toko melalui fitur Pesan agar menginput nomor resi yang sah/valid.

Q : Apa yang harus saya lakukan jika menerima paket barang dalam keadaan rusak?

A : Apabila bungkus paket yang Pembeli terima dalam keadaan rusak, Anda disarankan untuk membuka paketan tersebut didepan kurir ekspedisi dan memeriksa seluruh kondisi. Pembeli juga disarankan mendokumentasikan berupa foto/video kondisi bungkus paket, serta kondisi produk. Jika memang benar paket itu rusak, silakan ajukan pengembalian barang (retur) kepada toko dengan cara mengklik “Barang Tidak Sesuai” saat melakukan konfirmasi penerimaan barang melalui aplikasi atau website BelanjaQu yaa.

Q : Bagaimana saya melakukan konfirmasi jika barang pesanan saya sudah sampai?

A : Buat kamu yang sudah berbelanja di BelanjaQu, sudah melakukan transaksi order dan barang sudah diterima dengan baik. Yuk bantu pihak toko agar dana hasil transaksinya bisa segera diteruskan dengan melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Caranya :

1.      Masuk ke menu Riwayat Belanja.

2.      Maka akan muncul total transaksi yang telah kamu lakukan. Kamu bisa mengecek status orderan kamu.

3.      Jika ada status Menunggu Konfirmasi Penerimaan artinya kamu belum melakukan konfirmasi penerimaan barang. Klik lihat detail order pada transaksi tersebut.

4.      Scroll ke bawah, kamu akan menemukan tombol Barang telah diterima. Klik pada tombol tersebut untuk mengkonfirmasi penerimaan barang.

5.      Kamu akan ditampilkan pop-up 2 pilihan

Klik “Ya” jika barang yang kamu terima telah sesuai

Klik “Tidak” jika barang yang kamu terima tidak sesuai dengan pesanan

6.      Setelah itu akan ditampilkan pop-up notifikasi yang artinya kamu telah berhasil melakukan konfirmasi penerimaan barang.

 

Lacak Pengiriman Toko

 

Q : Bagaimana sistem pembatalan pesanan otomatis berjalan?

A : Pesanan akan otomatis dibatalkan apabila :

a)      Pembeli tidak melakukan pembayaran sampai batas waktu 2 (dua) hari.

b)     Toko tidak melakukan konfirmasi order melebihi batas waktu 1 (satu) hari.

c)      Toko tidak menginput nomor resi yang sah/valid dalam batas waktu 2 (hari), kecuali pre order (7 hari atau 14 hari atau 30 hari).

d)     Melanggar Syarat dan Ketentuan Order, sehingga order ditolak oleh admin.

Q : Berapa lama waktu untuk menginput nomor resi yang sah/valid?

A : Ketentuan waktu input nomor resi

a)      Batas waktu input resi yang sah adalah 2 (dua) hari setelah toko menyetujui order (klik terima order).

b)     Untuk produk PRE ORDER, batas waktu input resi yang sah adalah 14 (empat belas) hari setelah toko menyetujui order (klik terima order).

c)      Jika terjadi kesalahan saat menginput nomor resi atau menginput nomor resi tidak sah maka bisa diperbaiki dengan menginput nomor resi sah sebanyak 1 (satu) kali dalam waktu 1 (satu) hari. (1 x 24 jam)

d)     Jika batas waktu penginputan resi telah melewati batas ketentuan, maka order akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan kepada pembeli.

Q : Kapan saya harus mengirimkan pesanan saya ke pembeli?

A : Toko mengirimkan pesanan setelah mengklik Terima Order (menyetujui order) yang masuk melalui notifikasi akun toko. Kemudian toko mengemas produk dan mengirimkan melalui jasa ekspedisi yang sesuai dengan pilihan pembeli.

Q : Mengapa ada perbedaan ongkos kirim di website BelanjaQu dan saat datang langsung ke jasa ekspedisi yang bersangkutan?

A : Berikut ini kemungkinan perbedaan harga ongkos kirim yang tercantum di BelanjaQu dengan jasa pengiriman :

a)      Berat produk yang tertera di web BelanjaQu dengan berat produk yang dihitung di jasa pengiriman berbeda. Contoh : Berat di website BelanjaQu 1 kg dan di jasa pengiriman terhitung 2 kg.

b)     Kesalahan menginput berat produk ketika toko mengupload produk.

c)      Kesalahan sistem dari layanan jasa pengiriman dan hal ini diluar ketentuan BelanjaQu.

Untuk memastikan kesesuaian harga ongkos kirim, kami sarankan silakan cek di website resmi jasa pengiriman/ekspedisi yang digunakan.

Q : Apa yang harus saya lakukan jika nomor resi yang saya masukkan salah?

A : Jika terjadi kesalahan saat menginput nomor resi atau menginput nomor resi tidak sah maka bisa diperbaiki dengan menginput nomor resi sah sebanyak 1 (satu) kali dalam waktu 1 (satu) hari. (1 x 24 jam).

Apabila mengalami kesulitan saat menginput nomor resi silakan kirimkan bukti foto nomor resi yang sah dan nomor invoice orderannya ke email care@belanjaqu.co.id.

Q : Bagaimana jika saya menginput nomor resi yang tidak sesuai dengan jasa ekspedisi yang dipilih oleh pembeli?

A :  Sangat kami sarankan untuk menggunakan jasa pengiriman yang sesuai dengan pihak pembeli pilih agar lacak pengiriman tersedia. Karena jika nomor resi tidak terlacak oleh sistem orderan akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem.

Apabila sudah terlanjur menginput nomor resi yang tidak sesuai dengan jasa ekspedisi yang dipilih oleh pembeli silakan kirimkan bukti foto nomor resi yang sah dan nomor invoice orderannya ke email care@belanjaqu.co.id.

Q : Mengapa nomor resi yang saya input tidak bisa dilacak?

A : Hal tersebut terjadi karena pihak toko tidak menginput nomor resi yang sesuai dengan jasa pengiriman yang dipilih oleh pembeli, atau nomor resi tidak sah, sehingga lacak pengiriman tidak tersedia.

Silakan input nomor resi yang sah/valid. Apabila mengalami kesulitan silakan kirimkan bukti foto nomor resi yang sah dan nomor invoice orderannya ke email care@belanjaqu.co.id.

Q : Siapa yang bertanggung jawab jika terjadi kerusakan barang ketika proses pengiriman?

A : Apabila produk rusak dalam proses pengiriman, pembeli dapat mengajukan pengembalian barang/dana sesuai kesepakatan dengan toko, untuk komplain atas produk yang tidak sesuai saat penerimaan barang menjadi tanggungjawab dan kesepakatan antara Toko dengan Pembeli. Silakan ajukan retur barang kepada pihak Toko yaa. Kami hanya memfasilitasi komunikasi antara Toko dan Pembeli.

Q : Siapa yang menanggung ongkos kirim untuk pengembalian produk/retur?

A : Terdapat dua jenis ongkos kirim yaitu :

a)     Ongkos Kirim Pertama : Ongkos kirim pada saat toko mengirimkan produk ke pembeli sesuai dengan pesanannya. Ongkos kirim ini ditanggung oleh pembeli langsung dibayar saat melakukan checkout pembayaran.

b)     Ongkos Kirim Pengembalian Barang : Ongkos kirim yang digunakan oleh pembeli saat mengembalika produk ke toko jika terjadi Pengembalian Barang. Toko dan pembeli wajib melakukan diskusi terlebih dulu untuk menentukan siapa yang akan menanggung ongkir ini. Jika tidak terjadi kesepakatan dalam diskusi tersebut, BelanjaQu mempunyai kewenangan tidak terbatas dalam menentukan siapa yang harus menanggung ongkir pengembalian barang. Keputusan yang dibuat oleh BelanjaQu bersifat bulat.

Q : Apa yang harus dilakukan jika pembeli mengajukan retur produk?

A : Apabila pembeli mengajukan retur barang, silakan lakukan diskusi antara toko dan pembeli untuk membuat kesepakatan, Apakah pembeli mengembalikan barang tersebut lalu pihak toko mengirimkan ulang dengan barang yang baru atau tergantung bagaimana kesepakatan antara pembeli dan toko. Jika sudah ada kesepakatan silakan kedua belah pihak melakukan konfirmasi dengan melakukan pengaduan ke care@belanjaqu.co.id .

Q : Bagaimana cara melacak status pengiriman pesanan saya?

A : Detail status pengiriman dapat Toko pantau melalui aplikasi atau website BelanjaQu hanya jika toko menggunakan jasa pengiriman yang didukung BelanjaQu yaitu, JNE, TIKI, POS Indonesia, dan Wahana.

Apabila Toko telah menginput nomor resi pengirimannya ke aplikasi BelanjaQu, cara melacaknya dengan memilih status detail pada menu Order. Atau Toko juga dapat melacak pesanan status pengiriman melalui situs resmi jasa pengiriman yang bersangkutan.

Perlu diketahui bahwa status pengiriman pada website dan aplikasi BelanjaQu diberikan langsung oleh penyedia layanan jasa kirim melalui sistem dan kami tidak dapat memastikan ketidakakuratan status tersebut. Namun, jika terjadi masalah, kami dapat membantu Pembeli untuk menghubungi jasa pengiriman yang bersangkutan.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Scroll Up