Pertanyaan Seputar Retur

Toko

Q :  Apa yang harus saya lakukan jika pembeli mengajukan retur barang?

A : Apabila pembeli mengajukan retur barang, silakan lakukan diskusi antara toko dan pembeli untuk membuat kesepakatan, apakah pembeli mengembalikan barang tersebut lalu pihak toko mengirimkan ulang dengan barang yang baru atau tergantung bagaimana kesepakatan antara pembeli dan toko. Jika sudah ada kesepakatan silakan kedua belah pihak melakukan konfirmasi dengan melakukan pengaduan ke voni.belanjaqu.co.id atau hubungi email kami di care@belanjaqu.co.id .

Q : Apa langkah selanjutnya setelah saya menerima pengajuan retur barang dari pembeli?

A :  Silakan hubungi pembeli dan lakukan kesepakatan. Jika sudah ada kesepakatan silakan kedua belah pihak melakukan konfirmasi dengan melakukan pengaduan ke Pusat Bantuan BelanjaQu atau hubungi email kami di care@belanjaqu.co.id. Jika tidak terjadi kesepakatan dalam diskusi tersebut, BelanjaQu mempunyai kewenangan tidak terbatas dalam menentukan siapa yang harus menanggung ongkir pengembalian barang. Keputusan yang dibuat oleh BelanjaQu bersifat bulat.

Q : Bagaimana cara BelanjaQu membantu menyelesaikan masalah retur antara Pembeli dan Toko?

A : Jika tidak terjadi kesepakatan dalam diskusi tersebut, BelanjaQu mempunyai kewenangan tidak terbatas dalam menentukan siapa yang harus menanggung ongkir pengembalian barang. Keputusan yang dibuat oleh BelanjaQu bersifat bulat.

 

Pembeli

Q : Bagaimana cara mengajukan Pengambilan Barang/ Retur?

A : Silakan ajukan pengembalian barang (retur) kepada toko dengan cara mengklik “Barang Tidak Sesuai” saat melakukan konfirmasi penerimaan barang melalui aplikasi atau website BelanjaQu yaa.

Q : Siapa yang akan menanggung biaya ongkos kirim pengembalian barang?

A : Ongkos kirim yang digunakan oleh pembeli saat mengembalikan produk ke toko jika terjadi Pengembalian Barang. Toko dan pembeli wajib melakukan diskusi terlebih dulu untuk menentukan siapa yang akan menanggung ongkir ini. Jika tidak terjadi kesepakatan dalam diskusi tersebut, BelanjaQu mempunyai kewenangan tidak terbatas dalam menentukan siapa yang harus menanggung ongkir pengembalian barang. Keputusan yang dibuat oleh BelanjaQu bersifat bulat.

Q : Bagaimana dengan dana pembelian saya jika pesanan saya dibatalkan oleh sistem atau ditolak oleh toko?

A : Apabila pesanan dibatalkan oleh toko maka  dana transaksi akan kembali pada pembeli sesuai dengan metode bayar saat order. Semua dana transaksi akan dikembalikan sesuai dengan jumlah saat order.

Apabila ada biaya administrasi tambahan diluar tanggungjawab BelanjaQu (misal biaya administrasi Bank) ditanggung pembeli.

Q : Berapa lama proses pengembalian dana transaksi ke pembeli (refund)?

A : Estimasi waktu pengembalian dana transaksi (refund) maksimal 7 (tujuh) hari setelah order ditolak. Setiap komplain pengembalian dana untuk segera diproses harus menyampaikan nomor invoice yang valid.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Scroll Up