Syarat dan Ketentuan Pembeli

PEMBELIAN

  1. Pembelian wajib dilakukan di website atau aplikasi resmi BelanjaQu.
  2. Pembelian wajib menggunakan metode bayar yang telah ditetapkan BelanjaQu.
  3. Semua pembeli memahami bahwa semua produk yang ada di website BelanjaQu dijual dan dikirim oleh toko terdaftar, bukan oleh BelanjaQu.
  4. Setiap pembeli pada saat melakukan transaksi menyetujui bahwa :
  5. Setiap pembeli telah membaca dan memahami semua keterangan produk seperti deskripsi, harga, berat, dan keterangan lainnya serta bertanggungjawab atas putusan yang dipilih pembeli.
  6. Setiap pembeli memahami bahwa warna yang tertera di website kemungkinan terjadi perbedaan dari warna asli produk yang dijual, hal tersebut tergantung resolusi monitor perangkat yang digunakan pembeli.
  7. Kesalahan pada saat pembelian seperti kesalahan penginputan alamat pengiriman, kesalahan nominal transfer dan kesalahan lainnya menjadi tanggungjawab pembeli.
  8. BelanjaQu tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Toko kepada pembeli.
  9. Setelah pembeli melakukan proses cekout dan selama 1 (satu) hari toko tidak melakukan konfirmasi order maka pembelian dibatalkan dan dana transaksi dikembalikan sesuai syarat dan ketentuan.
  10. Setiap pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok produk merupakan tanggungjawab toko yang menjual produk tersebut.
  11. Jika pembelian dibatalkan oleh toko, sistem atau admin BelanjaQu maka semua dana transaksi akan dikembalikan kepada pembeli sesuai syarat dan ketentuan.
  12. Pembeli tidak bisa membatalkan pembelian setelah proses transaksi.

PENERIMAAN BARANG

  1. Perlu dipahami sebelumnya bahwa yang mengirimkan barang bukan dari pihak BelanjaQu.
  2. Barang yang sudah diterima dan tidak ada komplain, pembeli harus segera melakukan Konfirmasi Penerimaan Barang.
  3. Jika pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang setelah melebihi batas waktu 3 (tiga) hari dan barang sudah dinyatakan terkirim (delivered) berdasarkan informasi dari jasa pengiriman maka proses pembelian dinyatakan selesai dan dana transaksi akan diteruskan ke riwayat transaksi toko.
  4. Beberapa hal yang memungkinkan barang terlambat sampai ke pembeli :
  • BelanjaQu tidak bertanggungjawab atas keterlambatan barang diterima pembeli.
  • Pengiriman barang menjadi tanggungjawab toko dan Jasa Pengiriman yang dipilih toko.
  • Kesalahan alamat pengiriman, ini menjadi tanggungjawab pembeli, toko atau jasa pengiriman tergantung kesalahan yang menginput alamat.
  • Barang hilang saat pengiriman, ini menjadi tanggungjawab jasa pengiriman.
  • Barang masih dalam proses perjalanan oleh jasa pengiriman, karena estimasi waktu tidak sesuai, hal ini menjadi tanggung jawab jasa pengiriman.
  • Jika terlambat dari pihak Jasa pengiriman bisa di cek dari nomor resi yang diberikan toko.
  • Barang sudah sampai namun tidak diterima langsung oleh pembeli yang bersangkutan.
  1. Jika setatus transaki terkirim tapi barang belum diterima pembeli maka pastikan barang sudah diterima pihak lain disekitar seperti anggota keluarga lain atau tetangga terdekat.

KOMPLAIN

  1. Semua kesalahan saat proses transaksi disengaja maupun tidak disengaja itu diluar tanggungjawab BelanjaQu.
  2. BelanjaQu hanya sebagai pihak fasilitator komplain antara pembeli dengan toko.
  3. Komplain yang sah adalah komplain yang dilakukan saat penerimaan barang dan pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang mengklik “Barang Tidak Sesuai” .
  4. Komplain atas produk yang dibeli jika terjadi ketidaksesuaian maka menjadi tanggungjawab pembeli dengan toko.
  5. Semua beban biaya atas komplain yang terjadi menjadi tanggungjawab dan kesepakatan antara pembeli dengan toko.
  6. Dana transaksi akan tertahan di BelajaQu hingga masalah terselesaikan antara Pembeli dengan Toko.
  7. Jika dalam waktu 40 (empat puluh) Hari tidak ada kesepakatan antara Pembeli dengan Toko, maka BelanjaQu berhak memutuskan secara sepihak solusinya.
  8. Bantuan bisa ditujukan ke care.belanjaqu.co.id

TRANSAKSI TIDAK SAH

  1. Transaksi tidak sah adalah transaksi yang melanggar syarat dan ketentuan BelanjaQu.
  2. Transaksi tidak sah jika :
  • Pembeli melakukan transaksi fiktif atau palsu dengan cara dan maksud apapun. (Misal transaksi untuk meningkatkan ratting toko).
  • Transaksi yang dilakukan dengan cara meretas akun BelanjaQu.
  • Transaksi yang dilakukan dengan indikasi kecurangan seperti adanya kesamaan data antara Pembeli dengan Toko, dan lain sebagainya.
  1. Jika terjadi transaksi tidak sah maka akan dilakukan penonaktifan akun BelanjaQu.
  2. Semua dana transaksi akan dikembalikan (Refund) kepada pembeli sesuai syarat dan ketentuan.
  3. Jika terjadi transaksi tidak sah lebih dari satu kali maka akan dilakukan penonaktifan akun BelanjaQu secara permanen.
  4. Jika terjadi transaksi tidak sah dan mengarah kepada pelanggaran hukum kriminal atau perdata akan diproses secara hukum yang berlaku.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Scroll Up