Cara Menerima Komplain Retur Dari Pembeli

 

 

Apabila status orderan telah diterima pihak pembeli untuk komplain atas produk yang tidak sesuai saat penerimaan barang menjadi tanggungjawab dan kesepakatan antara Toko dengan Pembeli. Silakan ajukan retur barang kepada pihak Toko yang bersangkutan. BelanjaQu hanya memfasilitasi komunikasi antara Toko dan Pembeli.

Kesepakatannya bisa berupa :

  1. Apakah pembeli mengembalikan barang tersebut lalu pihak toko mengirimkan ulang dengan barang yang baru ;
  2. Atau pembeli mengembalikan barang tersebut lalu pihak toko mengajukan pengembalian dana transaksi ke pembeli melalui Pusat Bantuan BelanjaQu.
  3. Tergantung bagaimana kesepakatan antara pembeli dan toko. Jika sudah ada kesepakatan silakan kedua belah pihak melakukan konfirmasi dengan melakukan pengaduan ke Pusat Bantuan BelanjaQu atau email ke care@belanjaqu.co.id.
  4. Kirimkan juga foto-foto yang mendukung untuk proses retur barang. Seperti : foto barang yang rusak/tidak sesuai, foto bukti nomor resi saat pengembalian barang, foto bukti percakapan kesepakatan dan lain sebagainya.

 

(Untuk Toko) Menerima Retur dari Pembeli :

  1.   Memeriksa transaksi yang di komplain oleh Pembeli. Caranya :

a) Login ke akun Toko.

b) Pilih Menu Order.

c) Pilih Order Retur.

d) Status Order Ditolak Pembeli.

e) Klik Lihat Detail Order untuk melihat detail barang dan data pembeli.

2.   Hubungi Pembeli melalui nomor HP atau alamat emailnya.

–  Tanyakan alasan pembeli kenapa meretur orderan toko kamu.

–  Minta bukti ke pembeli berupa foto atau video yang menyatakan bahwa barang memang dalam keadaan rusak/tidak sesuai dengan deskripsi/tidak layak pakai.

–  Buat kesepakatan salah satunya seperti di atas.

3.   Apabila sudah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak, silakan pihak toko dan pembeli melakukan konfirmasi melalui email care@belanjaqu.co.id dengan mencantumkan beberapa data dan dokumen yang diperlukan, antara lain :

–  Nomor INVOICE Orderan. Cara mengeceknya lihat DISINI 

–  Nama Pengguna sebagai apa (pembeli atau toko) dan nomor telepon yang aktif.

–  Kirimkan foto atau video barang yang tidak sesuai/rusak.

–  Kirimkan foto screenshot percakapan yang menunjukan kesepakatan antara pembeli dan toko.

–  Tunggu konfirmasi dari BelanjaQu.

4.   Apabila dalam waktu 14 Hari tidak ada kesepakatan antara Pembeli dan Toko sejak pembeli melakukan konfirmasi penolakan barang (retur), maka BelanjaQu berhak sepenuhnya untuk mengambil keputusan menyelesaikan order atau membatalkan order.

5.   Tim Pusat Bantuan BelanjaQu akan menghubungi kedua belah pihak untuk menanyakan kronologis retur.

6.   Apabila menyelesaikan order maka dana hasil transaksi akan diteruskan ke laci toko, sedangkan jika order dibatalkan maka dana hasil transaksi akan dikembalikan ke pembeli.

 

*Dalam jangka waktu 14 Hari setelah pembeli melakukan penolakan order, apabila pembeli tidak mengirim ulang barang retur padahal sudah terjadi kesepakatan sebelumnya maka dana hasil transaksi akan diteruskan ke laci toko.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Scroll Up