Syarat dan Ketentuan Pembelian di BelanjaQu

A. CARA PEMBELIAN

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui proses yang sah di BelanjaQu.
  2. Cara Belanja bisa baca disini.
  3. Proses pembelian 2x 24 jam jika dalam waktu tersebut belum konfirmasi pembayaran maka belanjaan kamu akan terhapus oleh sistem.

B. INVOICE

  1. Invoice adalah kode unik  yang muncul saat belanja di BelanjaQu dengan kombinasi kode seperti berikut : INV/10 angka unik/BELANJAQU.
  2. Nomor invoice muncul setiap belanja.
  3. Setiap komplain pembelian diharuskan menyertakan nomor invoice. Komplain dan pertanyaan hubungi kami di Pusat Bantuan BelanjaQu

C. PEMBAYARAN

  1. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara
  • Menggunakan Bank Transfer
  • Menggunakan Point Unit Treni (PUT)

 

D. PROSES ORDER 

  1. Setelah pembeli melakukan pembayaran dengan Bank Transfer/PUT, pembeli bisa memantau status orderannya di menu ‘riwayat belanja’ dengan status orderan : “pembayaran sedang diproses”.
  2. Jika order menggunakan Bank Transfer maka wajib melakukan konfirmasi dengan menyertakan bukti atau resi transfer.
  3. Selanjutnya pihak admin BelanjaQu akan memroses orderan tersebut maksimal 1×24 jam setelah pembeli melalukan pembayaran
  4. Setelah orderan disetujui oleh admin BelanjaQu, status orderan kamu berubah menjadi “menunggu konfirmasi toko”, yang artinya orderan kamu telah disampaikan kepada pihak toko.
  5. Pihak toko memiliki waktu maksimal 1 x 24 jam untuk melakukan konfirmasi orderan. Jika konfirmasi toko melebihi jangka waktu yang ditentukan, maka secara sistem orderan dibatalkan dan dana akan dikembalikan kepada pihak pembeli dalam waktu 2 x 24 jam.
  6. Setelah orderan dikonfirmasi oleh pihak toko, maka status orderan berubah menjadi “menunggu pengiriman”. Jika pihak toko menolak orderan maka status orderan menjadi “order ditolak penjual” dan dana akan dikembalikan kepada pihak pembeli dalam waktu 2 x 24 jam.
  7. Pihak toko memiliki waktu maksimal 2 x 24 jam untuk melakukan proses pengiriman barang dan memasukkan nomor resi yang sebenarnya.
  8. Sedangkan untuk barang PRE-ORDER pihak toko memiliki waktu 14 hari untuk proses pengiriman barang dan memasukkan nomor resi yang sebenarnya.
  9. Setelah pihak toko menginput nomor resi pengiriman, status orderan berubah menjadi “menunggu konfirmasi penerimaan barang”, yang artinya jika barang sudah diterima dengan baik oleh pihak pembeli, maka pembeli dianjurkan untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang, caranya disini
  10. Pembeli mendapatkan nomor resi pengiriman dari toko/penjual dan dapat di cek di website kurir yang bersangkutan.
  11. BelanjaQu tidak bertanggungjawab atas keterlambatan dan atau kesalahan pengiriman yang ditimbulkan oleh pembeli atau toko penjual.

E. PENGEMBALIAN BARANG (Retur)

  1. Pengembalian barang sepenuhnya tanggung jawab pihak pembeli dan pihak toko
  2. Menu retur bisa pembeli temukan saat akan melakukan konfirmasi penerimaan barang dengan mengklik kolom “Barang Tidak Sesuai”
  3. Selanjutnya, pembeli dan toko melakukan komunikasi tentang barang retur melalui fitur pesan yang ada di menu “pengelola lainnya”
  4. BelanjaQu hanya memfasilitasi antara pembeli dengan toko atau penjual dan tidak bertanggung jawab atas lalulintas pengirimannya.

F. Pengembalian uang (Refund)

  1. Pengembalian dana oleh BelanjaQu kepada pembeli jika :
  • Pembeli telah melakukan transaksi di BelanjaQu melalui Bank Transfer dan PUT.
  • Barang atau produk dari toko atau penjual tidak tersedia dan toko membatalkan proses pembelian.
  • Toko tidak merespon pembelian lebih dari 1 x 24 jam.
  • Adanya kesalahan transfer pembeli dengan menunjukkan data-data yang valid dan sah.

2. Pengembalian dana transaksi akan otomatis kembali ke akun pembeli dalam jangka waktu 2×24 jam.

 

G. GARANSI

  1. Garansi hanya dikeluarkan oleh toko atau penjual.

 

 

 

 

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Scroll Up